Jumat, 04 Agustus 2017

Penyakit Kanker Osteosarcoma

Penyakit Kanker Osteosarcoma - Kanker Osteosarcoma merupakan jenis penyakit kanker tulang yang sering dijumpai pada orang remaja sekitar umur 20 tahun ke bawah dan anak anak. Kanker jenis ini biasanya menyerang tulang tulang yang berukuran besar pada bagaian yang memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat.


Kanker Osteosarcoma ini biasanya berkembang di masa remaja karena periode ini pertumbuhan tulang berada pada fase paling cepat, jadi sangat berisiko tinggi bagi seseorang yang sedang mengidap kanker osteosarcoma ini meningkat pada masa pertumbuhan tulang.

Kanker Osteosarcoma ini termasuk kanke yang agresif, Kanker bisa disembuhkan dengan kombinasi beberapa metode pengobatan dan hanya pada rentang usia 0-24 tahun, pria memiliki risiko sangat besar terkena kanker osteosarcoma lebih besar dari wanita.


Gejala Kanker Osteosarcoma

Ada beberapa gejala yang biasa umumnya muncul pada Kanker Oteosarcoma ini, diantaranya :

  • Rasa nyeri dan sakit pada tulang atau persendian.
  • Terbatasnya gerakan tubuh
  • Sakit ketika disentuh, mengalami pembengkakan, atau benjolan di sekitar tulang atau pada ujung tulang.
  • Pincang, jika benjolan berada di kaki
  • Retaknya tulang yang disebabkan oleh sesuatu karena terjadi jika benjolan berada di bagaian tangan.
Biasanya tulang yang terkena oleh kanke osteosarcoma adalah tulang paha, tulang kering, dan tulang lutut. Dan tumor ini biasanya berbentuk pada tulang bahu, tulang punggung, atau tulang tangan.


Penyebaba Kanker Osteosarcoma

Yang menyebabkan berkembangnya osteosrcoma adalah berasal dari kesalahan kode genetik pada DNA seorang anak. Kesalahan kode genetik biasanya menyebbakan sel sel yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan tulang justru menciptakan tumor osteosarcoma. Adapun beberapa kasus osteosarcoma yang juga bisa disebabkan, salah satunya adalah faktor dari luar yang bisa menyebabkan munculnya osteosarcoma adalah paparan radiasi.


Diagnosis Kanker Osteosarcoma

Diagnosis merupakan langkah dokter untuk mengindetifikasi penyakit atau kondisi yang menjelaskan gejala dan tanda tanda yang dialami pasien dan adapun beberapa langkah dokter yang biasa dilakukan untuk mendiagnosisi penderita, berikut beberapa hal tersebut, diantaranya :

  • Tes Darah. Biasanya dilakukan nya tes darah untuk mendeteksi kanker tulang dari perubahan kandungan darah.
  • Pemindaian Tulang. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan menyuntikan bahan radioaktif ke pembuluh darah.
  • CT Scan. Untuk memberi informasi penyebran pada kanker tulang ke organ lainnya.
  • MRIScan. Prosedur ini bertujuan untuk memeriksa hasil prosedur yang dapat menghasilkan gambar tulang lebih detail serta informasi penyebaran kanker pada tulang.
  • Positron Emission Tomography. Tes ini akan menunjukan bagaimana organ atau jaringan tubuh akan bekerja dan dengan memanfaatkan bahan radioaktif.
  • Pencitraan sinar X
  • Biopsi. Jika pada tes pencitraan sinar X menunjukan tanda tanda osteosarcoma maka pasien membutuhkan biopsi. ahli bedah akan mengambil sempel jaringan atau tulang dari bagian tubuh yang terasa nyeri atau membengkak.

Pengobatan Kanker Osteosarcoma

Cara pengobatan ini tergantung dari cara tingkat keparahan pada pasien kanker osteosarcoma dan lokasi osteosarcoma. Tindakan pengobatan ini juga biasa dilakukan setelah proses biopsi selesai dan Osteosarcoma ditangani dengan beberapa tindakan yaitu :
  • Pmbedahan. Tindakan ini dilakukan bertujuan untuk mengankat tumor 
  • Terapi radiasi dan kemoterapi. Biasanya kedua tindakan ini dilakukan sebelum pembedahan , yang bertujuan untuk membunuh sel kanker.
  • Operasi Pengangkatan atau Dilakukannya Amputasi. Prosedur ini bisa dilakukan jika belum terjadi jika kanker yang baru menyebar di jaringan pada sekitar tulang. Sedangkan amputasi akan dilakukan jika kanker sudah menyebar hingga ke saraf dn pembuluh darah atau hingga ke kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar