Minggu, 06 Agustus 2017

Cara Mencegah Kaker Payudara

Kanker Payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Dan bahkan penyakit kanker ini juga termasuk penyebab kematian utama pada wanita, Namun anda jangan khawatir sekarang sudah ada banyak cara untuk mencegah kanker payudara yang dapat diusahakan sendiri.



Kebiasaan hidup sehat dan memakan makanan sehat atau lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah buahan serta aktif berolahraga dapat membantu anda mencegah kanker payudara dan kebiasaan menjauhi minuman beralkohol juga salah satu untuk mencegah kanker payudara.

Sebagai kanker awal, kenali risiko kanker payudara, harus anda ketahui bahwa ada risiko-risiko terkait dengan kanker payudara yang tidak dapat dihindari. Misalnya, faktor genetik, terlahir sebagai wanita, dan sudah berusia tertentu. Dan meski begitu, masih asa risiko risiko lain yang bisa anda pelajari, misalnya :

  • Faktor Genetik
Faktor genetik sangat berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya payudara. Faktor ini memberi adil dalam penyakit tersebut sebanyak 5-10 persen. Meskipun begiru banyak kasusu wanita yang terkena kanker yang sama sekali keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit itu. Hal ini berarti masih adaharapan tinggi untuk melakukan cara mencegah kanker payudara melalui gaya hidup yang lebih sehat.
  • Faktor Usia
Semakin tua usia wanita dianggap makin berisiko terkena penyakit ini. Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali pada usia di bawah 12 tahun dan wanita yang mengalami menopause setelah usia 51 tahun juga berisiko terkena kanker payudara.
  • Faktor Kehamilan
Dalam risko ini dengan wanita dan urusan kehamilan juga ternyata bisa ada hubungannya dengan kanker payudara. Dan mereka yang risikonya meningkat terhadap kemungkinan terkena kanker payudara adalah wanita dewasa yang belum pernah hamil, hamil untuk yang pertama kalinya pada usia diatas 30 tahun dan melahirkan di usia 35 tahun.
  • Faktor Lain
Selain faktor faktor yang disebutkan diatas ada faktor lain yang menjadikan risiko kanker payudara meningkat. Dan faktor tersebut adalah sudah pernah mengalami kanker payudara sebelumnya dan pernah mengalami kanker ovarium juga memiliki jaringan payudara yang padat, serta pernah terkena paparan radiasi di daerah dada pada usia kanak-kanak dan remaja.

Setelah mengetahui risikonya sekarang cara untuk mencegah kanker payudara dapat dilakukan dengan mengurangi risiko risiko tersebut dengan hal hal di bawah ini, diantaranya :
  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Berat badan sangat erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami obersitas setelah masa monopause memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60 persen dan sementara itu wanita yang mengalami pertambahan berat badan sebelum monopause, risiko terkena kanker payudara 20-40 persen lebih tingi dibanding dengan yang mempunyai berat badan normal. Melihat risiko ini, untuk menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara untuk mencegah kanker payudara yang dapat anda lakukan. 
  • Utamakan Makan Sehat
Dengan mengonsumsi buah buahan dan sayur sayuran segar belum tentu memberikan perlindungan yang efektif terhadap kanker payudara, Setidaknya hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya dapat lebih berkualitas jika menghindari makanan berlemak adalah sumber sumber makanan untuk dihindari sebagai usaha pencegahan yang disarankan.
  • Luangkan Waktu Untuk Olahraga
Wanita yang dapat menurunkan berat badannya akan menurunkan risiko kanker payudara. Dan sebaliknya jika risiko meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak mengolah fisiknya lagi. standar untuk melakukan olahraga aerobik intensitas sedang adalah selama 2 jam 30 menit per minggu.
  • Hentikan Kebiasaan Merokok
Perokok saja masih memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 13 persen lebih tinggi dari pada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Bagi anda yang masih aktif merokok kemungkinan bisa beresiko tinggi 24 persen. Wanita yang sejak usia dini sudah merokok risikonya akan lebih tinggi lagi yaitu ditambah 12 persen dan satu lagi jika wanita yang merokok sebelum kehamilan pertama risiko akn bertambah sebesar 21 persen. Berhenti merokok sekarang juga adalah pilihan yang paling tepat.
  • Membatasi Minuman Beralkohol
Mengomnsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 10-12 persen dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Dalam hal ini dapat terjadi akrena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Dan dalam hal ini sebagai cara mencegah kanker payudara adalah mengurangi asupan alkohol, bahkan disarankan untuk menghentikan sama sekali.
  • Hindari Terkena Paparan Radiasi 
Ada beberapa hal yang mungkin membuat anda terpapar radiasi tingkat tinggi, misalnya penggunaan peralatan kesehatan CT Scan, bekerja di tempat pengobatan yang menggunakan radiasi dan terpapar asap kendaran, serta bahan bahan kimia. Lindungi diri Anda dari paparan tersebut dan semaksimal mungkin dihindari.

Kesadaran untuk menemukan cara mencegah kanker payudara juga dapat dilakukan sendiri dengan mengenali jika perubahan pada diri. Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas dan masih ingin mendapatkan cara mencegah kanker payudara, kunjungi dokter Anda. Minta dokter untuk melakukan mammogram agar Anda mendapat informasi yang lebih akurat. Tujuan lainnya adalah apabila ada tanda-tanda kanker payudara, dapat segera tertangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar